Cara Membersihkan Kamar Mandi

Friday, December 4th, 2015 - Info & Tips Rumah, Kamar Mandi

Dalam membersihkan kamar mandi ada beberapa bagian kamar mandi yang perlu dibersihkan dengan cara yang berbeda. Hal ini disebabkan dalam kamar mandi terdapat beberapa perabot yang terbuat dari bahan yang berbeda, oleh karena itu perlu perlakuan yang berbeda dalam membersihkan perabot kamar mandi tersebut. Cara membersihkan kamar mandi dapat dilakukan dalam beberapa tahap sebagai berikut :

Cara Membersihkan Kamar Mandi

  • Persiapan Membersihkan Kamar Mandi
  • Membersihkan Permukaan Bagian Dan perabot Kamar Mandi
  • Menjaga Kebersihan Kamar Mandi Dengan Cara Menggunakan Dengan Bijak

Persiapan Membersihkan Kamar Mandi

1. Memindahkan peralatan mandi yang bukan termasuk perabot kamar mandi

membersihkan kamar mandiPeralatan mandi yang perlu dipindahkan antara lain handuk, sabun, shampo, pasta gigi sikat gigi, washlap, tisu ndan lainnya. Tujuan dari memindahkan peralatan mandi ini untuk memaksimalkan proses membersihkan kamar mandi dan menjaga agar peralatan mandi tersebut terkena kotoran pada saat mebersihkan kamar mandi. Perlu diingat untuk mengembalikan peralatan kamar mandi tersebut ketempat semula setelah seluruh proses membersihkan kamar mandi selesai.

2. Masukan cairan pembersih dalam toilet

cara membersihkan kamar mandiDengan memasukan cairan pembersih kedalam toilet pertama kali bertujuan agar waktu lebih efisien, sehingga waktu tunggu cairan pembersih bekerja dapat kita gunakan untuk mebersihkan bagian kamar mandi yang lain. Pastikan sirkulasi udara dikamar mandi baik, karena cairan pembersih mengeluarkan aroma dan tidak baik untuk kesehatan. Sebaiknya gunakan masker dan sarung tangan pada saat membersihkan kamar mandi menggunakan cairan pembersih seperti ini sebagai bentuk pencegahan agar tidak terhirup dan terkena pada kulit.

3. Bersihkan debu pada permukaan perabot dan bagian kamar mandi.

pembersih kamar mandiKamar mandi yang jarang dibersihkan kadang terdapat debu dan sarang laba-laba yang menempel pada perabot, dinding dan plafon kamar mandi. Oleh karena itu debu ini perlu dibersihkan dahulu sebelum mebersihkan perabot atau bagian kamar mandi. Dalam membersihkan kamar mandi sebaiknya dilakukan dari bagian atas dahulu kemudian bagian yang lebih rendah. Untuk membersihkan debu ini dapat menggunakan vacum cleaner atau menggunakan sapu.

4. Menaburkan deterjen pembersih pada perabot dan bagian kamar mandi

cara membersihkan keramik kamar mandiDengan membasahi dahulu perabot dan bagian kamar mandi yang kotor kemudian menaburkan deterjen pembersih pada permukaan perabot kamar mandi dan bagian kamar mandi yang lain tersebut akan menghemat waktu karen pada fase ini diperlukan jeda agar deterjen pembersih bekerja dengan baik. Sehingga waktu jeda ini dapat kita manfaatkan untuk mebersihkan bagian kamar mandi yang lain kemudian setelah itu baru membersihkan bagian tersebut.

Membersihkan Permukaan Bagian Dan Perabot Kamar Mandi

1. Membersihkan dinding, jendela dan plafon kamar mandi

tips membersihkan kamar mandiSemprotkan larutan air dan pemutih/antikuman pada permukaan plafon jika terdapat jamur dan diamkan selama beberapa menit. Lakukan langkah yang sama untuk dinding jika dinding dilapisi dengan keramik atau gunakan produk pembersih lain. Gosoklah permukaan dinding keramik yang telah disemprotkan cairan dengan spons atau lap bersih dengan hati-hati agar tidak timbul goresan atau cacat karena bahan tertentu tidak tahan pada tekanan yang kuat. Bilas dengan hati-hati agar tidak ada noda gores kemudian lap agar kering.

2. Membersihkan shower kamar mandi

pembersih kamar mandi yang ampuhGunakan pembersih dan semprotkan pada shower kemudian diamkan beberapa saat kemudian gosok dengan spon. Untuk membersihkan lubang shower yang tersumbat dapat dilakukan dengan membuka kepala shower kemudian membersihkannya dengan sikat. Bila kerak bandel dapat direndam dengan cuka semalam kemudian disikat pada pagi harinya. Pada saat membersihkan shower jangan menggunakan bahan pembersih yang keras atau sikat yang kaku karena akan melukai lapisan permukaan shower atau memudarkan warna shower.

3. Membersihkan wastafel

membersihkan kerak kamar mandiUntuk membersihkan wastafel dapat dilakukan dengan cairan pembersih kemudian menggosoknya dengan spon. Untuk membersihkan keran dan permukaan wastafel dekat keran dapat menggunakan sikat gigi dan pasta gigi kemudian sikat noda yang menepel pada keran dan permukaan wastafel sekitar keran. Untuk membersikan bagian keramik wastafel sebaiknya menggunakan sikat yang lembut sehingga hasil lebih maksimal karena terkadang bagian ini terdapat noda atau jamur yang susah dibersihkan.

4. Membersihkan cermin kamar mandi

membersihkan kaca kamar mandiMembersihkan cermin dapat dilakukan dengan pembersih kaca cair yang disemprotkan pada kaca kemudian menggosoknya dengan spon berulang kali hingga bersih atau menggunakan pembersih khusus kaca dengan bilah karet agar hasil lebih mengkilat dan keringkan menggunakan kain lap yang bersih. Perlu diperhatikan agar tidak menekan kaca terlalu keras agar cermin kaca kamar mandi tidak pecah, karena kaca kamar mandi pada umumnya tidak tebal.

5. Membersikan  toilet kamar mandi

pembersih kerak kamar mandiUntuk bagian luar kloset gunakan cairan pembersih kemudian gosok dengan spon untuk membersihkan noda kemudian keringkan bagian luar tersebut dengan lap. Pastikan seluruh permukaan luar toilet bersih dari noda dan jamur sebelum mebilasnya dengan air. Bersihkan dan bilas seluruh permukaan bagian luar toilet termasuk bagian bawah dan sampingnya, bagian atas dan bawah dudukan dan penutup dudukan, dengan lap dan deterjen atau pembersih serupa.

pembersih kerak kamar mandi yang ampuhKemudian untuk bagian dalam toilet dibersihkan dengan menggosok menggunakan sikat khusus toilet yang sebelumnya telah kita siram dengan cairan pembersih toilet. Dalam membersihkan toilet ini berikan perhatian khusus dengan membubuhkan seluruh pinggiran bagian dalam dari bibir toilet. Setelah itu siram toilet dengan air agar kerak dan noda terbuang. Perlu diperhatikan agar seluruh bagian toilet bagian dalam ini bersih agar tidak timbul bau di kamar mandi.

6. Membersihkan lantai kamar mandi

membersihkan keramik kamar mandiUntuk membersihkan lantai kamar mandi mulailah dari sudut di pintu. Sapu semua debu dan kotoran hasil membersihkan bagian-bagian kamar mandi dan biarkan berjatuhan di lantai, lalu pel menggunakan larutan air sabun dan pemutih. Perlu diperhatikan untuk membilas lantai dengan air bersih untuk menghilangkan sisa-sisa sabun yang licin dan pastikan untuk membersihkan sisi-sisi toilet yang tersambung dengan lantai. Karena bagian ini sering kotor dan terdapat noda.

Menjaga Kebersihan Kamar Mandi Dengan Cara Menggunakan Dengan Bijak

Dalam menjaga kebersihan kamar mandi perlu diperhatikan beberapa hal berikut :membersihkan lantai kamar mandi

1. Mengeringkan shower setelah digunakan

Dengan melakukan hal ini akan mencegah jamur tumbuh pada shower sehingga shower selalu bersih dari kerak dan noda.

2. Menjaga kerapian kamar mandi

Dengan disiplin selalu menjaga kerapian kamar mandi setelah digunakan maka kamar mandi akan terlihat rapi dan bersih, sehingga bila ditemukan sedikit kotor atau noda dapat langsung terdeteksi dan segera dibersihkan.

3. Selalu membersihkan wastafel dari bekas pasta gigi

Dengan selalu mebersihkan bekas gosok gigi yang tercecer pada wastafel maka wastafel akan terhindar dari jamur dan kerak yang susah dibersihkan.

sebagai tambahan informasi dapat dibaca artikel sebelumnya Desain Kamar Mandi Modern Minimalis dan Desain Interior Kamar Mandi Minimalis. Semoga tips cara membersihkan kamar mandi diatas bermanfaat.