5 Tips Membeli Rumah Yang Aman

Monday, November 16th, 2015 - Info & Tips Rumah

Tips membeli rumah yang aman dapat ditentukan dari kita sebagai calon pembeli rumah dan dari sisi rumah yang dijual. Sebelum membeli rumah perlu kita pastikan kondisi keungan dan kebutuhan kita karena harga rumah yang relatif mahal bila dibandingkan dengan harga kebutuhan yang lain. Kemudian kriteria rumah yang kita inginkan sebaiknya disesuaikan dengan kemampuan keuangan kita dalam membeli rumah tersebut.

5 Tips Membeli Rumah Yang Aman

Cara Membeli Rumah

Ada 2 (dua) metode dalam membeli rumah yaitu membeli rumah secara cash atau kontan dan membeli rumah menggunakan jasa KPR dari bank. Apabila kita membeli rumah secara cash maka yang kita dapat langsung berurusan dengan pemilik rumah atau menggunakan jasa notaris untuk proses transaksi hingga proses balik nama kepemilikan rumah tersebut. Dan apabila kita menggunakan jasa KPR, maka proses transaksi akan dilakukan oleh bank dan proses balik nama juga akan dilakukan oleh bank melalui notaris yang telah ditunjuk oleh bank tempat kita menggunakan jasa KPR tersebut. Apabila kita membeli rumah secara cash maupun secara KPR (Kredit Pemilikan Rumah) maka perlu diperhatikan beberapa hal berikut.

Tips Membeli Rumah Yang Aman

Dalam membeli rumah yang aman bagi kita dapat dilihat beberapa tips membeli rumah berikut.

Cara Membeli Rumah

1. Kemampuan Keuangan Dalam Membeli Rumah

Dalam membeli rumah baik secara cash maupun secara KPR kita perlu melihat kemampuan keuangan kita. Hal ini dikarenakan harga rumah yang relatif jauh lebih tinggi dari harga kebutuhan pokok yang lain. Selain itu apabila kita membeli rumah juga diperlukan biaya perawatan rumah, baik dalam pembelian rumah baru maupun rumah lama tetap diperlukan biaya operasional awal sebelum menempati rumah tersebut. Sebagai contoh bila kita membeli rumah baru maka kita perlu melengkapi rumah tersebut dengan perabot rumah tangga sesuai kebutuhan kita, begitu pula bila kita membeli rumah lama maka kita perlu melakukan perwatan rumah yang lama tersebut agar sesuai dengan keinginan kita.

2. Kriteria Rumah Yang Akan Kita Beli

Kriteria rumah yang akan kita beli sebaiknya kita sesuaikan dengan kondisi keuangan kita. Kondisi keuangan kita disini dimaksudkan bila kita membeli rumah dengan lokasi jauh dari tempat kerja dan fasilitas umum yang lain, maka perlu dipertimbangkan biaya transportasi selanjutnya yang diakibatkan dari pemilihan lokasi rumah tersebut.

Kemudian ukuran atau luas rumah juga kan memberikan konsekuensi kepada kita dalam melakukan perawatan rumah tersebut, dimana semakin besar ukuran rumah kita maka biaya operasional dan perawatan rumah tersebut akan semakin tinggi.

3. Membeli Rumah Dengan KPR

Dalam membeli rumah menggunakan KPR dibutuhkan waktu dari proses pemilihan rumah hingga proses transaksi atau akad kredit. Sebelum membeli rumah dengan jasa KPR dari bank perlu kita ketahui proses pembelian rumah dengan KPR tersebut.

Membeli Rumah Dengan KPR

Dalam proses pengajuan KPR maka kita akan diperiksa dari sisi kemampuan keuangan kita mulai dari total penghasilan kita dan bagaimana cara kita mengelola keuangan kita. Pihak bank akan menganalisa ini dahulu sebelum memberikan persetujuan KPR yang kita ajukan.

Perlu diiperhatikan proses pengelolaan kuangan kita untuk berhemat dan teratur agar dalam masa peninjauan kemampuan keuangan kita oleh bank dapat diterima.

4. Membeli Rumah Tanpa KPR

Apabila kita membeli rumah secara cash tanpa KPR maka sebaiknya proses transaksi dilakukan didepan notaris dan proses balik nama kepemilikan rumah dilakukan oleh notaris. Hal ini penting karena untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, perlu juga kita pilih notaris yang dapat dipercaya dengan reputasi yang baik.

5. Tanggungan Lain Dalam Membeli Rumah

Tanggungan Lain Dalam Membeli Rumah

Aspek ini hanya berlaku bila kita membeli rumah dengan menggunakan jasa KPR, karena bila menggunakan jasa KPR maka kita akan mendapatkan tambahan tanggungan rutin berupa angsuran KPR yang rutin ditagihkan setiap bulan. Oleh karena itu perlu diperhatikan tanggungan lain yang menyita banyak biaya selain angsuran rutin KPR tersebut.

Sebagai referensi tambahan dapat dibaca artikel Tips Beli Rumah Di Jakarta sebelumnya. Semoga informasi dalam artikel 5 Tips Membeli Rumah Yang Aman ini dapat memberikan gambaran dan pengetahuan kepada kita dalam membeli rumah sesuai dengan kemampuan kita dan aman dalam proses kepemilikannya.